Kamis, 28 Juli 2011

Optimalisasi Blog Lewat Monetizing

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan sebuah blog agar bisa menghasilkan pendapatan atau uang. Baik yang berbayar (com, net, org) atau gratisan (blogspot, wordpress, multiply). Lewat monetizing, kita bisa mengoptimalkan blog dengan 2 cara, yaitu langsung (direct) dan tidak langsung (indirect). Untuk metoda langsung kita akan mendapat penghasilan DARI internet, sedangkan metoda tidak langsung mendapat penghasilan KARENA internet.
Untuk metoda langsung ada beberapa jenis atau cara optimalisasi website atau blog yaitu :
1. Program Periklanan
2. Menjual Produk Orang
3. Menjual Produk Sendiri
4. Menjual Blog
5. Mengikuti Kontes Blog
6. Donasi
 
1. Program Periklanan:

A. PPC (Pay Per Click)
Kita dibayar oleh pemasang iklan, apabila didalam blog kita pengunjung melakukan Click terhadap iklan yang ditampilkan. Biasanya kita sering menemukan icon dengan tulisan-tulisan yang sangat menggoda seperti : “mendapat uang dalam waktu 5 menit” dll, hal tersebut untuk memancing kita untuk meng Click dan pemilik blog mendapatkan uang.
Website yang menyediakan program ini: Google Adsense, Adbrite, Bidversiter. Untuk lokal : Kumpulblogger, Adsense Camp, PPCindo, SITTI, dll
B. PPR (Pay Per Review)
Kita dibayar berdasarkan hasil tulisan review kita akan suatu produk yang ditawarkan oleh pemasang iklan. Pemasang iklan akan melihat apakah blog kita sesuai dengan jenis produk yang akan ditawarkan. Misalnya untuk memasarkan sebuah notebook, tentu akan mencari blog yang fokus terhadap gadget. Namun mereka juga akan melihat kualitas blog kita lewat page rank dan alexa.
Website yang menyediakan program ini antara lain: sponsorreview.com, blogs, linkworth. Untuk lokal: reviewmu, adreviewcamp.com
C. TLA (Text Link Ad)
Kita memasang link suatu produk atau website pada blog kita. Beberapa website yang memberikan TLA dapat dilihat di text ads, backlinks, link adage.
D. PPD (Pay Per Download)
Sesuai dengan namanya, kita dibayar oleh pemilik website yang menyediakan tempat untuk download, baik yang berbayar seperti e-book atau gratisan. Beberapa website yang menyediakan layanan ini adalah ziddu.com, enterupload.com, kewshare.com
 
2. Menjual Produk Orang (Affiliasi)
Blog kita diminta untuk memasarkan produk mereka lewat affiliasi. Website yang menyediakan program ini adalah amazon.com, paydotcom.com, affiliate.com, clickbank.com, cafebisnisonline.com
 
3. Menjual Produk Sendiri
Apabila kita memiliki produk yang akan dijual, kita bisa menjual lewat program afiliasi dengan website yang menyediakan program tersebut.
 
4. Menjual Blog
Kita bisa menjual blog yang kita miliki. Tentu blog kita harus memiliki nilai jual yang tinggi, seperti memiliki page rank yang tinggi dan alexa yang rendah. Kita bisa mengiklankan blog kita di go daddy hosting. Pernah ada sebuah website yang terjual Rp 800 Juta yaitu jackbook.com milik blogger Indonesia. Sedangkan sex.com terjual 1 juta dollar.
 
5. Mengikuti Kontes Blog
Banyak website yang melakukan kontes blog untuk melakukan promosi produk atau website-nya. Lewat kontes blog anda bisa mendapatkan hadiah atau uang hingga puluhan juta rupiah. Hadiah mulai dari notebook, handphone, rumah sampai bisa jalan-jalan ke luar negeri. Bayangkan hanya dari menulis bisa mendapatkan semua itu. Saya termasuk dalam jenis ini :)
 
6. Donasi
Kita bisa mendapatkan uang dari donasi orang-orang yang menyukai blog kita. Biasanya blog berisi tentang sisi-sisi yang memerlukan dana untuk kemanusiaan.
Demikian beberapa tips blog yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, sekali nge-blog tetap nge-blog!

Salam Sobat Blogger, Terimakasih

Artikel Lain :

0 komentar:

Poskan Komentar