Kamis, 08 Desember 2011

Man.Utd bungkam oleh Basel (Champions League)

CL - FC Basel 1893 v Manchester United FC
 
Manchester United gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions unuk kali pertama dalam enam tahun terakhir setelah menderita kekalahan dari tuan rumah Basel 2-1, Kamis (8/12) dinihari WIB.

Aksi Marco Streller dan Alexander Frei menghadirkan keunggulan dua gol langsung tuan rumah. Phil Jones menambah pundi golnya bagi Unite, namun tidak bisa menyelamatkan timnya dari nasib buruk.

Pada pertandingan ini, United menebalkan kekuatan di sektor tengah lapangan hingga memungkinkan mereka mendominasi di awal laga. Meski mendapat tekanan hebat, tuan rumah mampu bertahan dan perlahan tapi pasti mereka mulai melakukan serangan balasan.

Benar saja, pertandingan berlangsung kurang dari sepuluh menit, tuan rumah membuka keunggulan.

Sebuah umpan silang Xherdan Shaqiri gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper United David de Gea dan Streller melakukan aksi sepakan setengah voli. Bola melewati kaki Evra sebelum mengoyak gawang lawan.

Gol ini menyengat pasukan si Setan Merah. Mereka kembali memperlihatkan dominasi di semua lini namun, hingga babak pertama berakhir kedudukan tidak berubah 1-0.

Kisah di babak pertama kembali terulang di interval kedua. United memberondong lini bertahan Basel dengan serangan dari semua lini, tetapi gagal menembus benteng pertahanan lawan.

Markus Steinhofer nyaris memberi hadiah gol bagi United ketika dia berupa menghalau umpan silang Nani, namun bola masih membentur mistar gawang.

Tim tamu terus melakukan serangan dengan mengeksploitasi sisi kiri lapangan yang dilakukan oleh kombinasi antara Nani dan Chris Smalling. Serangan bergelombang United tidak kunjung berbuah hasil namun aksi yang mereka lakukan seolah-olah bakal menghadirkan sesuatu yang dramatis.

Tetapi akhir cerita berjalan lain. Enam menit sebelum bubaran, Smalling gagal mengawal baik Shaqiri yang bisa melepaskan umpan silang untuk disempurnakan Alexander Frei.

Tuan rumah unggul dua gol di depan, namun karakter pantang menyerah United tetap terlihat. Aksi Welbeck sempat memaksa Sommer melakukan penyelamatan gemilang dan aksi Federico Macheda masih digagalkan mistar gawang.

Empat menit setelah gol tuan rumah, United mampu membalas melalui sundulan kepala Phil Jones untuk memperkecil ketertinggalan. Sayang aksinya tersebut gagal menghadirkan tiket ke babak selanjutnya.

Bagi Basel, sukses melaju ke babak 16 besar ini merupakan kali kedua dalam keikutsertaan mereka di kompetisi paling elite di Eropa ini. Sebelumnya Basel sudah pernah lolos pada 2003. 

Artikel Lain :

0 komentar:

Poskan Komentar