Kamis, 23 Juni 2011

Membuat Menu di bawah Header

Untuk memudahkan pengunjung berselancar di blog, diperlukan link atau menu yang mendukung. Tetapi yang menjadi masalah template bawaan blogspot tidak menyediakan menu sesuai keinginan kita. Blogspot hanya menampilkan semua posting secara berurutan berdasarkan waktu, sehingga posting terakhir tetap tampil di halaman depan atau urutan paling atas. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat menu tepat di bawah header? Di sini dibutuhkan sedikit kreativitas. Misalnya dengan cara berikut:

1. Masuklah ke halaman dasbor anda dan kemudian klik Tata Letak.

Membuat Menu di bawah Header 2. Pastikan anda sudah berada pada halaman Elemen Laman. Jika belum kliklah link tersebut. Sekarang klik tambah Gadget yang terletak tepat di bawah header. Jika tidak ada Tambah Gadget di bawah header, anda bisa gunakan Tambah Gadget yang di samping. Nanti bisa digeser dengan menarikya (drag) ke posisi di bawah header.

3. Cari dan Klik HTML/JavaScript.

4. Masukkan beberapa link yang akan anda buat, baik jumlah, nama maupun alamatnya. Untuk alamat link bisa diarahkan ke blog (web) kita yang lain. Atau diarahkan antar halaman di dalam blog kita sendiri . Sebagai contoh saya membuat 3 menu yang linknya mengarah pada halaman blog saya sendiri, yaitu menu:  HOME, TEMPLATE dan SOFTWARE. Tulisan yang berwarna biru gantilah dengan url (link) yang hendak dituju di halaman blog anda, termasuk nama menunya.



Perhatikanlah cara penulisannya dengan cermat, sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini. Terakhir jangan lupa klik SIMPAN dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu pastikanlah bahwa gadget baru ini posisinya tepat di bawah header. Jika masih di sidebar drag lah ke bawah header.

 
5. Jika penulisannya benar, maka hasilnya akan muncul 3 link menu di bawah header (seperti gambar di bawah). Tetapi jika belum puas dengan tampilannya,  menu tersebut masih bisa dipercantik dengan memberi warna pada latar belakangnya. Caranya bisa dilihat di sini.


Baca juga :
Memberi Background pada Menu Teks di Bawah Header
Membuat Daftar Artikel dalam Posting
Cara Mempercantik Menu Sidebar dengan Tombol
Cara Mengganti Latar Belakang Blog












0 komentar:

Poskan Komentar