Sabtu, 10 Desember 2011

Prediksi El Clasico Real Madrid v Barcelona

Barcelona vs Madrid/Getty Images
Tidak ada laga di antara dua klub Spanyol yang selalu melahirkan tensi dan suhu tinggi selain El Clasico. Salah satu faktornya adalah Jose Mourinho, entrenador Real Madrid, yang berada menyimpan penasaran besar. Dalam tujuh pertemuan sebelumnya antara dia dengan pelatih Barcelona Josep Guardiola, Mourinho baru sekali meraih kemenangan. Sisanya tiga kali kalah dan tiga kali seri.

Untuk musim ini Mourinho telah melakukan sejumlah sentuhan yang membuat Los Blancos tampil lebih garang. Hasilnya, hingga 14 laga Madrid sudah mencetak 49 gol. Enam gol lebih subur ketimbang Barcelona. Rekor gol terbaik Madrid sepanjang 14 laga pertama. Rekor jumlah gol terbanyak dalam 14 laga sebelumnya ditorehkan Alfredo Di Stefano dkk pada musim 1959-60.

Kembali tajamnya Gonzalo Higuain, meningkatnya performa Karim Benzema, dan konsistensi Cristiano Ronaldo menjadi faktor utama kegarangan Madrid musim ini. Ditambah performa Angel Di Maria, lini depan Madrid pun seolah terlihat sangat bergigi.

Jika Madrid punya lini depan yang paling tajam saat ini, Barcelona justru punya barisan pertahanan yang supersolid. Hingga 14 pertandingan yang sudah dilalui, Barcelona baru tujuh kali dijebol lawan. Padahal, musim ini lini belakang Barcelona justru tidak banyak dikawal duo Puyol-Pique seperti musim lalu.

Selain itu, musim ini Guardiola malah beberapa kali memasang formasi tiga bek di lini belakang. Sejauh ini hasilnya cukup sukses. Formasi tiga bek pernah dipakai ketika mengalahkan AC Milan di Liga Champions. Namun, untuk laga El Clasico, Guardiola tidak bisa menjanjikan kalau skuadnya akan tampil dengan formasi tiga bek.

“Bermain dengan tiga bek di Santiago Bernabeu berisiko tinggi,” ucap Guardiola.”Formasi ini bisa berjalan baik jika dilakukan oleh pemain-pemain yang sudah sangat paham dan cerdas. Saya masih butuh melihat lebih banyak susunan tim utama Madrid. Saya sudah melihat ketika mereka bermain tanpa Xabi. Dari sana kami akan memutuskan akan bermain seperti apa.”

Well, duel El Clasico kali ini akan menjadi bukti ketangguhan dua lini yang berbeda. Madrid akan berupaya menjaga status mereka sebagai tim paling tajam. Sementara Barcelona bakal membuktikan ketangguhan lini belakang yang sangat solid musim ini.

STATISTIK PERTEMUAN
  • Kedua tim telah bertemu sebanyak 178 kali. Madrid memenangkan 74 laga, sedangkan Barcelona menang 69 laga. 35 laga berakhir imbang.
  • Madrid tidak pernah menang dalam lima pertemuan terakhir melawan Barcelona di Santiago Bernabeu.
  • Kedua tim saat ini berselisih tiga poin di klasemen Liga BBVA. Namun, Madrid masih memiliki sisa satu tabungan pertandingan.
REAL MADRID
  • Semenjak jadi pelatih, Mourinho menelan tujuh kali kekalahan dari Barcelona, terbanyak diantara klub-klub lain.
  • Madrid memenangkan enam dari delapan laga terakhir melawan Barcelona saat pertandingan digelar pada Desember.
  • Madrid saat ini meraih 10 kemenangan beruntun di Liga BBVA. Terbaik semenjak ditangani Mourinho.
  • Higuian telah empat kali menjadi pencetak gol pembuka, terbanyak diantara pemain lain di Liga BBVA.
  • Madrid menerima enam kartu merah dalam tujuh laga terakhir melawan Barcelona di era Mourinho.
BARCELONA
  • Barcelona mencetak 11 gol dalam 15 menit awal pertandingan. Terbanyak diantara klub Liga BBVA lain.
  • Barcelona hanya memenangakan tiga dari 10 pertandingan tandang terakhir.
  • Lionel Messi selalu mencetak gol dalam lima pertemuan terakhir melawan Madrid di Santiago Bernabeu.
PRAKIRAAN LINE UP
Madrid (4-2-3-1) : Casillas; Arbeloa, Pepe, Ramos, Marcelo; Khedira, Xabi Alonso; Di Maria, Ozil, Ronaldo; Higuain
Barcelona (4-3-3) : Valdes; Alves, Pique, Puyol, Abidal; Sergio, Xavi, Iniesta; Sanchez, Villa, Messi

0 komentar:

Poskan Komentar