Kamis, 23 Juni 2011

Memasang Tombol dalam Posting

Agar posting lebih lincah menghantar pengunjung keluar masuk antar halaman dalam blog, kita juga bisa memasang tombol di dalamnya. Meskipun dengan link teks juga bisa (cara membuatnya bisa dilihat di sini), tetapi tombol memliki kelebihan tersendiri. Karena tombol juga bisa menambah daya tarik dan membangkitkan selera pengunjung. Untuk memasang tombol ini cukup mudah (jika belum punya tombolnya, cara membuatnya bisa dilihat di sini). Berikut langkah-langkah untuk memasang tombol pada posting:

1. Masuklah ke halaman dasbor anda. Kemudian klik menu Edit Entri. Kemudian klik edit tepat pada baris salah satu tulisan yang akan dipasang tombol di dalamnya.

2. Letakkan kursor pada bagian yang ingin anda sisipkan gambar. Klik ikon tambah gambar

Memasang Tombol dalam Posting
3. Aturlah tata letak yang anda inginkan. Misalnya posisi tombol di kiri, di tengah atau di kanan halaman tulisan. Kemudian pilih ukuran tombol yang anda inginkan pada ukuran gambar. Centang kombo Gunakan tata letak ini setiap saat bila anda ingin pengaturan tetap berlaku untuk selanjutnya. Kemudian klik kombo Saya Menyetujui Persyaratan Layanan. Karena file tombol berada pada computer, klik tombol Pilih Berkas. Carilah dimana letaknya, jangan lupa klik open. Kemudian kliklah UNGGAH GAMBAR dan tunggu hingga proses selesai.

Memasang Tombol dalam Posting 4. Klik tombol SELESAI

Memasang Tombol dalam Posting
5. Nah, sekarang gambarnya sudah muncul dalam tulisan anda. Secara otomatis posisinya langsug di bagian atas tulisan. Jika ingin merubahnya, tariklah (drag) ke baris yang anda inginkan. Atau dengan cara cut-past (seperti yang sering saya lakukan).

Memasang Tombol dalam Posting 6. Sekarang tinggal membuat link tombol tersebut. Pastikan alamat (url) yang akan dituju, dengan catatan alamat yang dituju disesuaikan dengan topik tulisan. Dalam contoh ini, tombol lanjut ini saya arahkan ke posting saya yang berjudul Langkah Mudah Membuat Email di Yahoo. Maka untuk mendapatkan alamatnya, (sementara tinggalkan dulu halaman dasbor tanpa ditutup) saya harus membuka halaman tersebut. Lalu mengcopy nya.

Memasang Tombol dalam Posting
7. Kemudian kembali lagi ke halaman edit entri tadi. Klik tombolnya dan tekan ikon tautan.

Memasang Tombol dalam Posting
8. Paste-kan alamat tadi pada kotak yang tersedia. Lalu klik OK dan tekan TERBITKAN ENTRI. Tunggu hingga proses berlangsung.

Memasang Tombol dalam Posting
9. Nah, sekarang lihatlah blog anda. Bukalah tulisan tadi. Coba dekatkan kursor ke tombol tersebut. Otomatis pada taskbar (sebelah kiri bawah browser) tampak link yang akan ditujunya. Kliklah tombol tersebut, maka halaman yang dituju akan terbuka.

Memasang Tombol dalam Posting

0 komentar:

Poskan Komentar