Rabu, 22 Juni 2011

Trik Menambah Masa Aktif Tanpa Isi Ulang

Bagi pengguna GSM maupun CDMA tentu akan menyambut dengan suka cita terhadap layanan tarif murah yang diberlakukan oleh operator langganannya, baik itu tarif promo maupun reguler. Namun disadari atau tidak, ternyata tarif dan fitur murah apalagi gratis tersebut tidak selamanya murah/gratis. Ada saja perubahan kebijakan yang ‘tidak lebih baik’ dari sebelumnya. Perubahan kebijakan itu (hampir) bersamaan dengan program murah yang sedang berlangsung. Misalnya, layanan murah/gratis saat ini yang paling menyedot perhatian pelanggan adalah layanan GRATIS untuk sms, gprs, internet, bahkan gratis bicara. Padahal semua yang (katanya) gratis itu harus dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi, tidak benar-benar gratis kan?

Perubahan kebijakan itu antara lain: operator mengurangi masa aktif isi ulang. Misalnya, isi ulang nominal 5 ribu yang tadinya mempunyai masa aktif 15 hari kini menjadi 7 hari saja. Bagi saya yang lebih suka sms, lebih memilih menggunakan tarif paket sms gratis. Apa yang terjadi jika pulsa saya hampir tidak berkurang (karena sms gratis) tetapi diharuskan melakukan isi ulang lagi karena masa aktifnya hampir habis? Yup, pulsa saya terakumulasi hingga saya sendiri bingung untuk apa pulsa yang begitu banyak. Amat disayangkan jika dipakai untuk hal yang kurang penting. Bagaimana bila ditransfer, mau mau mau? Yuk mari..

TRANSFER PULSA

Mungkin kebiasaan saya yang sering mentransfer pulsa bisa disharing di sini. Eit.. jangan salah, bukan maksud saya membagi pulsa ke anda [Image]

Maksud saya adalah transfer pulsa dengan tujuan MENAMBAH MASA AKTIF ke nomer sendiri atau ke nomer lain. Hampir semua operator mempunyai fitur transfer pulsa namun tidak semua transfer pulsa bisa menambah masa aktif kartu yang ditansfer. Di sini saya hanya mereview transfer yang bisa menambah masa aktif. Syaratnya, sebelum transfer kartu harus dalam masa aktif. Jadi sebelum kartu tenggang, segeralah melakukan transfer pulsa ke nomer sendiri untuk memperpanjang masa aktifnya.

1. XL
Format SMS: BAGI(spasi)nomer tujuan(spasi)nominal pulsa
Kirim ke 168
Note:
- tarif Rp 99 dipotong dari nominal transfer (1500 dan 3000)
- masa aktif : 1500 = 1 hari dan 3000 = 3 hari
- saldo pengirim minimal Rp 10.000
- selengkapnya silakan dilihat di postingan lalu

2. INDOSAT
Format SMS: Transferpulsa(spasi)nomor tujuan(spasi)nominal pulsa
Kirim ke 151
Note:
- tarif Rp 600
- Minimum sisa pulsa Pengirim Rp 5000 (+ 600)
- Berlaku untuk pelanggan Mentari, IM3 dan Matrix Auto
- masa aktif:
5-<10rb = 3 hari
10-<20rb = 7 hari
20-<50rb = 15 hari
50-<100rb = 22 hari
100-<150rb = 30 hari
150-≥200rb = 45 hari

3. ESIA
Format SMS: WAKTU(spasi)Jumlah Hari masa aktif(spasi)No.Esia+kode area
Kirim ke 789
Note:- Tarif (Rp250/hari+PPn) + (Rp250/sms+PPn)
- Setelah melakukan transfer, perlu tersisa minimal Talktime sejumlah Rp 5000

BELI MASA AKTIF

Selain transfer pulsa, fitur yang bisa menambah masa aktif adalah dengan membeli masa aktif, artinya hanya untuk nomer sendiri, tidak bisa membelikan masa aktif kartu lain dan dilakukan pada saat masa tenggang.

1. SIMPATI
Format: Tekan *858#, Jawab 4, dan Jawab 1 untuk menyetujui. Maka akan mendapatkan notifikasi transaksi anda sukses dilakukan.
Note:
- Biaya untuk 1 hari masa aktif yaitu Rp 1000
- Transaksi hanya bisa dilakukan pada masa aktif (tidak bisa pada masa tenggang)
- Pulsa minimum setelah transaksi harus lebih besar dari 0 (nol)

2. FLEXI
Format SMS: PLUS 1
Kirim ke 321
Note:
- Angka 1 menunjukkan jumlah hari yang akan diaktifkan. Terserah mau berapa hari.
- Tarif Rp 200/hari, tarif sms Rp 100. Jadi bila diaktifkan 7 hari, biaya yang terpotong dari pulsa = (Rp 200 x 7) + Rp 100 = Rp 1500.

3. AXIS
Format SMS: Tekan *848# ok. Maka akan mendapatkan notifikasi transaksi anda sukses dilakukan.
Note:
- tarif Rp 2000
- masa aktif bertambah 7 hari

0 komentar:

Poskan Komentar