Sabtu, 06 Agustus 2011

Cara daftarkan blog di technorati

How to Drive Traffic to Your Blog or Site

Bagaimana cara agar blog atau situs Anda dikunjungi banyak pembaca?

Berikut adalah salah satu cara agar postingan (artikel) blog atau website Anda dibaca banyak orang di internet.

Anda bisa menggunakan jasa (service) gratis dari situs-situs penanda sosial (social bookmarking sites) seperti:
  1. Technorati,
  2. Ask,
  3. Digg,
  4. Mixx,
  5. Reddit,
  6. BlinkList,
  7. Delicious,
  8. StumbleUpon,
  9. Google Bookmarks,
  10. MyBlogLog,
  11. Tumblr
  12. dan masih banyak lagi.
Situs-situs ini juga bisa membuat blog seperti Blogger/Blogspot, WordPress, TypePad, Xanga, atau Tumblr dikunjungi banyak orang dengan memberikan free traffic (arus pengunjung/pembaca gratis ke blog atau website Anda).

Klik di sini untuk mendaftar (join) atau sign in (log in) ke technorati.com.

Apa Itu Technorati dan Apa Fungsi atau Kegunaannya

Nama Technorati merupakan gabungan dari dua kata technology dan literati. Technorati didirikan oleh Dave Sifry yang bermarkas besar di San Fransisco, California, USA.
Jika Anda suka ngeblog atau istilah “kerennya” blogger, Technorati bisa menjadi alat bantu untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Karena:
  1. Technorati.com adalah mesin pencari (search engine) yang mengindeks semua blog di internet. Mesin pencarinya berfungsi seperti layaknya Google, Yahoo, dan Bing. Anda bisa melihat apa yang dicari dan dibaca para blogger pada hari itu. Juga tertera top ten (sepuluh peringkat teratas) pencarian spesifik dan tag-tag pencarian teratas di home-pagenya.
  2. Situs penanda sosial ini juga memberi para blogger service yang semakin membaik dengan berbagai add-ons, program-program dan gadgets (widgets) dan juga progam-program utility berbasis open-source.
  3. Selain fitur standar, sebagai alat bantu bloggers Technorati juga memberikan fitur tambahan menarik seperti daftar dari para blogger yang baru saja bergabung dan tentu saja fitur rating dari Technorati (seperti Alexa).
  4. Selain sebagai salah satu situs blog gratis yang menawarkan fitur-fitur pembuatan blog (yang tidak rumit) bagi para blogger, Technorati.com juga masih mengembangkan dirinya sebagai situs jejaring sosial.
  5. Kini Technorati sedang meng-upgrade sistem mereka yang berusaha untuk menghentikan indeksasi (indexing) blog-blog spam.
  6. Selain itu kini terdapat opsi baru di Technorati Blog Directory yang memungkinkan para pengguna untuk mereview blog-blog favorit mereka di Technorati. Juga ada semacam fitur ”tweet” nya.
  7. Fitur standar lainnya adalah Technorati juga menghubungkan atau membuat link atau tautan ke pencarian audio, video, berita dan game-game populer dari homepagenya.
Bagaimana Cara Menandai (Bookmark) atau Memfavoritkan (Favorite) Blog atau Website
How to submit your blog posts to Technorati? Bagaimana cara men-submit atau mem-favoritkan postingan blog, Blogger/Blogpost, Xanga, TypePad, Tumblr ataupun WordPress ke Technorati?
Sebenarnya posting blog kita akan secara otomatis terindeks di Technorati jika kita sudah menjadi anggota dan mempunyai akun (account) di Technorati. Bisa juga ditambah dengan memasang widget/gadget dari Technorati di blog kita sebagai tombol agar para pengunjung bisa memberikan tambahan poin favorite, authority dan juga ranking ke Technorati Favorites.
Tetapi jika Anda ingin secara manual mengindeks (manual submitting) postingan blog ke Technorati, Anda bisa memasang tombol (button) yang jika diklik akan membuka link favorit di Technorati. Salah satunya adalah seperti ini (opens in new tab).
Selain tombol submit/favorite Technorati, sekumpulan tombol yang diberi nama SexyBookmarks v2 For Blogger ini juga mempunyai tombol bookmark lain untuk menyetor postingan blog ke situs penanda sosial sejenis seperti Del.icio.us, BlinkList, Tumblr, dan sejenisnya.
Klik di sini jika Anda ingin (mengetahui cara) memasang tombol buatan Naeem Noor dari situs Css Reflex ini.
Atau jika ingin artikel blog tersubmit secara otomatis, bergabung saja menjadi anggota (join) di Technorati. Caranya:
  • kunjungi halaman Join atau Sign up Technorati,
  • isi data diri Anda,
  • pastikan Member name Anda tidak berspasi, misalnya seperti MukadimahDotCom, bukannya Mukadimah Dot Com,
  • kemudian klik Join jika semua data sudah terisi dengan benar.
  • Akan muncul halaman yang menganjurkan Anda untuk membuka inbox email dan melakukan klik di link untuk melakukan verifikasi.
  • Jadi, buka email dan klik pada link atau tautan biru untuk memverifikasi pendaftaran Anda di Technorati.
  • Jika sudah, akan muncul pesan bahwa akun sudah terverifikasi.
  • Kini Anda siap menggunakan akun Technorati. Klik Sign In.
  • Masukkan Username (Member Name) dan Password (Kata Sandi) Anda.
  • Klik Login.
  • Di halaman Technorati, klik pada Username (Member name atau nama pengguna) Anda.
  • Anda bisa langsung ke bagian kotak My claimed blogs untuk segera mengklaim blog Anda dan dengan demikian nantinya semua postingan yang Anda buat/ketik di blog akan secara otomatis ter-submit ke indeks Technorati.
  • Atau bisa juga melengkapi data diri Anda dengan mengupload atau mengunggah foto di bagian My profile image, atau melengkapi bagian My profile dan My bio.
  • Setelah mengetik URL lengkap blog atau web, klik Claim.
  • Lalu akan muncul halaman Claim a new blog. Lengkapi detilnya di bagian Details. Bagian ini wajib diisi.
  • Untuk Feed URL bisa diisi dengan: http://nama blog.com/atom.xml
  • atau bisa juga http://nama blog.com/rss.xml
  • tetapi Technorati memakai Atom Feed, jadi lebih baik pakai yang atom.xml
  • (ganti teks berwarna merah [nama blog] dengan alamat URL blog atau situs Anda).
  • Kemudian isi deskripsi tentang blog Anda di kotak bagian Site description.
  • Dan isi kategori blog Anda di Site Categories. Bisa memilih lebih dari empat kategori.
  • Lalu ketik tag atau beri label blog Anda di Site tags. Ini juga untuk mendeskripsikan blog Anda.
  • Selanjutnya klik tombol Proceed to the next step.
  • Jika semua terisi dengan benar, maka muncul halaman Blog claim status yang menyatakan bahwa klaim blog Anda sejauh ini berjalan dengan lancar. Dan Anda akan dihubungi untuk instruksi lebih lanjut guna melengkapi klaim yang dibuat.
  • Mungkin Anda tidak langsung dihubungi segera setelah proses ini selesai. Jadi harap bersabar (sementara waktu, Anda bisa klik Return to profile untuk melengkapi data profil Anda).
  • Selanjutnya cek inbox email Anda. Jika ada email lagi dari Technorati yang membicarakan claim token berarti proses klaim sudah hampir selesai. Copy kode claim token dan klik link ke http://technorati.com/account/.
  • Lalu Anda harus Log in atau Sign in ke blog Anda dan membuat sebuah postingan dan paste kode claim token yang tadi Anda copy.
  • Anda bisa menamai postingan ini sesuai keinginan, misalnya Techno Claim.
  • Kemudian klik Publish untuk mempublikasikan kode claim token tadi sebagai posting blog.
  • Lalu di halaman My claimed blogs, klik pada tombol Check claim.
  • Jika Technorati sudah sukses mengirimkan spider-nya dan sukses melalukan crawl ke posting kode claim token tadi, maka akan muncul pesan seperti di bawah ini. Anda tinggal menunggu review. Ini mungkin agak lama. Anda harus menunggu.
  • Jika review telah selesai, maka Anda akan mendapatkan My claimed blogs yang seperti berikut ini:
  • Anda bisa mengklaim lebih dari satu blog. Cukup ketik alamat URL blog di kotak Start a blog claim: dan kemudian klik Claim.
  • Ulangi langkah yang sama dari awal sampai proses review selesai.
  • Demikian cara membuat akun dan sekaligus cara mengklaim blog di Technorati.
Masih Perlukah Kita Mem-ping Secara Manual ke Technorati
Semenjak 14 Oktober 2009 Technorati mengatakan tidak lagi menggunakan metode ping. Jadi kita tidak perlu lagi melakukan ping secara manual setiap kali kita selesai membuat update posting di blog. Technorati secara otomatis mencek situs dan blog untuk menemukan postingan baru. Alasan dari perubahan ini adalah karena dulunya 90% dari ping yang diterima adalah spam dan non-blogs.
Menjadi Penulis di Technorati
Jika Anda seorang penulis dan ingin menulis untuk Technorati serta ingin mendapatkan pembaca dan audiens yang banyak, Anda bisa klik di sini untuk bergabung dengan komunitas penulis di Technorati.
Atau bisa langsung menyerahkan aplikasi penulis (writer application) Anda di sini di halaman Contact Us.
Berhenti Menjadi Member dan Menghapus Account di Technorati

Berikut cara jika Anda ingin berhenti dari keanggotaan di Techorati atau jika ingin menghapus akun Technorati.

Sebelumnya kita bisa mendelete akun dengan melalui fitur Troubleshooting (Support) di halaman Technorati.
Caranya, kita harus mengirimkan semacam “tiket” lewat Support Contact Form dengan Support Type berjudul "My Account" dan harus menyertakan:
  • Nama akun yang akan dihapus.
  • Email yang digunakan saat membuat akun.
  • Alasan kenapa ingin menghapus akun.
Formulir "tiketnya"  bisa didapat di bawah ketiga pertanyaan tersebut. Dan harus diisi dan di-submit. Dan harus menunggu.
Tetapi saat posting ini dibuat (Desember 03, 2009) tidak ada lagi fitur atau cara agar kita bisa menghapus akun Technorati kita. Walaupun ada tulisan di forum getsatisfaction.com yang menyatakan bahwa, "The company has this under consideration".
Terjemahan bebasnya mungkin, "Pihak Technorati sedang mempertimbangkan untuk menambahkan fitur Delete Account ini". Bisa saja nanti akan ada fitur untuk menghapus akun member di Technorati.

Mungkin sebaiknya Technorati menambahkan tombol Delete My account di setiap akun anggotanya, supaya para membernya bisa menghapus akun mereka secara manual tanpa perlu merepotkan pihak Technorati.

Artikel Lain :

0 komentar:

Poskan Komentar