Selasa, 26 Juli 2011

Backlink dari Followers | Backlink from Followers | Followers

Kalau blog anda memiliki banyak followers pasti ada yang beranggapan bahwa blog anda adalah blog yang populer dan kemungkinan pageranknya pun akan bagus.  Tapi hal tersebut belum pasti, karena  bisa saja si pemilik blog tidak mengijinkan search engine untuk menelusuri followersnya. Kalaupun iya, bagaimana kalau blog tersebut ternyata blog baru yang tidak populer atau trafiknya masih rendah. Berarti sebagai followers kita pun jadi ikut tidak populer di mata search engine, tuh kan..! Sedangkan untuk widget followers, secara default disetting nofollow dan untuk merubahnya menjadi dofollow harus dilakukan edit HTML. Dengan demikian followers akan mendapatkan backlink dari halaman profile blog yang diikuti jika setting pada widget followers yang dipasang sudah dirubah menjadi dofollow. Inilah maksud dari judul yang saya tulis sebagai judul postingan ini, backlink dari followers.


Sebaiknya kita menjadi seorang followers yang bijaksana dengan mempertimbangkan tujuan kita untuk menjadi followers sebuah blog. Tentu sudah banyak yang tau tentang pengertian followers, berarti orang yang tertarik atau menaruh interest untuk mengikuti (memfollow) sebuah blog lain dengan alasan tertentu. Misalnya karena memiliki kesamaan tema (konten) dan lain sebagainya. Berikut hal-hal yang menurut saya patut dipertimbangkan sebelum anda memutuskan mem-follow sebuah blog :

  • Konten ( isi atau topik ) blog yang difollow
Sedapat mungkin blog yang anda follow adalah blog dengan konten yang sama dengan blog anda. Kalo blog anda mengulas tentang tips blogging, maka usahakan blog yang anda follow juga mengulas tentang tips blogging. Konten dari blog yang kita ikuti biasanya akan ditampilkan di dashboard, oleh karena itu pilihlah blog yang konten atau informasi yang dimiliki memang bermanfaat dan kita perlukan untuk menambah ilmu atau pengetahuan.

  • Meta tag blog
Periksalah dulu meta tag blog yang akan anda ikuti apakah nofollow atau dofollow. Kalau masih nofollow berarti search engine tidak akan meng-indeks followers blog tersebut, dan harapan anda untuk mendapatkan backlink pun akan sia-sia.

  • Popularitas blog
Jika blog yang anda follow ternyata blog yang sudah populer dan widget followersnya disetting dofollow maka sangat bagus kalau anda memfollow blog tersebut. Dan yang pasti anda akan mendapatkan backlink yang natural.

  • Menjalin silaturahmi dan pertemanan antar blogger
Untuk alasan yang terakhir ini dengan mengesampingkan 3 pertimbangan yang telah saya sebutkan diatas. Kalau anda memutuskan memfollow sebuah sebuah blog karena alasan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat persahabatan dengan teman anda, itu semua adalah hak anda. Saya pun tidak terlalu pilih-pilih untuk memfollow blog lain, karena saya lebih mengedepankan tujuan saya untuk menjalin silaturahmi dan pertemanan antar blogger itu lebih penting daripada backlink.

Jadi mengenai backlink dari followers ini pada prinsipnya kita harus memiliki tujuan yang jelas. Kalau memang tujuan utama anda adalah mendapatkan backlink dari followers, maka anda harus memperhatikan pertimbangan 1-3 diatas. Namun jika menurut anda silaturahmi lebih penting, maka backlink dari followers tidak lagi menjadi suatu hal yang penting dan anda bebas memutuskan untuk memfollow siapa saja. Yang pasti jangan asal follow tanpa tujuan yang jelas, itu saja kesimpulan yang bisa kita ambil.
 
Semoga Bermanfaat Salam Sobat Blogger
Terimakasih

Artikel Terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar